Pertolongan Tuhan Nyata Bagi Orang Benar, Yesaya 50:4-9a

Pertolongan Tuhan Nyata Bagi Orang Benar
Pertolongan Tuhan Nyata Bagi Orang Benar
Syalom, Pertolongan Tuhan nyata bagi orang benar merupakan Thema dari Renungan Firman Tuhan Yesaya 50:4-9a, ada 3 poin yang harus kita lakukan jika Tuhan mau menolong kita dan menyatakan kasihnya karena ketaatan kita kepadaNya, antara lain:
1.  jika memiliki lidah seperti seorang murid
2.  jika mendengar seperti seorang murid
3. jika mengandalkan tuhan di dalam setiap perjalanan hidup

1. Jika memiliki lidah seperti seorang murid
Apabila ada pertanyaan saat ini,
apa yang paling berbisa di dunia? Jawabannya bukan ular, bukan sengatan tawon dan bukan dan bukan apa saja seluruh makhluk yang ada didunia yang telah diteliti memiliki bisa yang sangat mematikan, tetapi jawabannya adalah lidah.

Yakobus melalui firmannya telah memperingatkan kita tentang pengaruh besar melalui kekuatan lidah. Ia mengatakan, bahwa lebih mudah mengekang seekor kuda, mengendalikan sebuah kapal yang besar, dan menjinakkan segala jenis binatang seperti burung, binatang melata, dan binatang-binatang laut, daripada mengendalikan lidah (Yakobus 3:3-8). Ia menyebut lidah sebagai "api" yang dinyalakan oleh api neraka sendiri (ayat 6), dan "sesuatu yang buas, yang tak terkuasai, dan penuh racun yang mematikan" (ayat 8).

Apa yang dikehendaki tuhan melalui lidah kita sebagai muridnya yang taat dan layak dihadapanNya?
Pertolongan Tuhan Nyata Bagi Orang Benar
Peliharalah Bibirmu
Jawabannya adalah supaya setiap perkataan-perkataan yang keluar dari bibir melalui lidah kita harus memiliki perkataan-perkataan  memberikan semangat baru kepada setiap orang yang mendengar dan membutuhkannya, menghibur dan memberikan dorongan serta pengharapan kepada yang berputus asa dan sebagai murid tuhan tentu saja setiap yang keluar dari perkataan-perkataan kita yang keluar dari lidah melalui bibir menjadi keselamatan bagi sesama, manusia karena tuhan yesus dan sabdanya.

Untuk itu, bapak ibu sdra/i yang kekasih dalam nama tuhan, supaya kita dapat mengontrol dan sekaligus menguasai lidah kita, ada baiknya kita harus memohon pertolongan Tuhan dan menjadikan Tuhan yang bekerja melalui roh kudus memampukan kita untuk dapat mengendalikannya sebab tuhan adalah guru yang baik bagi kita seperti Renungan Firman Tuhan di nats ini.

(Mazmur 141:3) berkata demikian “Alangkah bijaksana bila setiap hari kita berdoa, "Awasilah mulutku, ya TUHAN, berjagalah pada pintu bibirku".

2. Jika mendengar dan melakukan seperti seorang murid
Apa yang di inginkan tuhan untuk mendengar sebagai kita murid-muridnya? Dan apa yang kita lakukan setelah mendengar?

Tuhan Yesus telah memberitahukan tentang hal mendengarkan dan menanggapi firman tuhan, Dia mengatakan dalam markus 4:9: "siapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!".

Hari ini adalah kesempatan baru untuk membersihkan saluran komunikasi kita dengan Allah. Mari kita memberi perhatian penuh dan mendengar Firman-Nya dengan sungguh-sungguh.

Setelah tuhan memperdengarkan Firmannya kepada kita, apakah hanya cukup sampai disitu? Ataukah harus
Pertolongan Tuhan Nyata Bagi Orang Benar
Pendengaran Orang Benar
kita beritakan? Inilah yang tuhan inginkan, supaya setiap apa yang kita dengar melalui sabdanya harus kita menjadi contoh dan teladan, melakukan apa yang dikehendaki tuhan, memberitakan kebenaran firman tuhan dan sekaligus memuji dan memuliakan kebesaran namanya dan yang tidak kalah penting harus memiliki sifat kepedulian bagi sesama yang membutuhkan pertolongan dan juga menjadi saluran berkat bagi orang lain yang mendengarkannya tentang tuhan itu sendiri, yakin dan percaya tuhan akan menolong kita karena kebenaran yang kita lakukan sesuai seturut dengan kehendaknya.

Bapak ibu sdra/i yang terkasih di dalam nama tuhan Yesus, setelah kita menjadi menjadi murid Tuhan Yesus untuk mendengarkan ajarannya, lakukanlah saat ini juga, belum terlambat, karena di dalam injil yakobus 1:25 berkata “jika kita menjadi pelaku, kita akan "diberkati" dalam apa yang kita lakukan”.

Untuk itu berikanlah saat ini telingamu untuk mendengar apa yang diinginkan tuhan melalui ajarannya, bacalah firmannya dan berdoalah kepada-Nya secara teratur. Kemudian luangkan waktu sejenak untuk merenungkan Allah beserta berkat-Nya yang melimpah. Itulah cara terbaik yang dikehendaki tuhan supaya pertolongannya tetap di anugerahkan setiap saat dalam kehidupan kita.

3. Jika mengandalkanNya di setiap permasalahan kehidupan
Bapak ibu sdra/I yang kekasih di dalam nama tuhan yesus, setiap kita pasti pernah mengalami yang namanya persoalan, beban hidup dan terkadang kita sulit mencari jalan keluarnya.

Pertolongan Tuhan Nyata Bagi Orang Benar
Andalkan Tuhan Di setiap Perkara
Dalam setiap permasalahan yang ada, manusia masih memiliki ambisi untuk bisa menemukan jalan keluar, dengan pengetahuan dan kepintaran yang ada merasa dirinya sanggup untuk mengatasinya, ini yang salah bapak ibu sdra/i,  kenapa saya katakan demikian, kita bisa mengambil contoh pada saat Daud menjadi raja, walaupun dia raja dia tidak mau mengandalkan kehebatannya, kuasanya, kepemimpinannya untuk melawan musuh-musuh yang datang menyerang dia, kita bisa lihat di Mazmur 55, apabila kit baca dari ayat 55: 2-16 “Daud mengungkapkan kekhawatiran yang dirasakannya karena musuh-musuh datang menyerangnya”. Dan di ayat 55:17-24 “ia menyerahkan persoalannya kepada Tuhan sehingga ia dipenuhi oleh pengharapan dan kepercayaan diri yang telah diperbarui. Raja daud mengatakan dalam mazmur 55: “Serahkanlah khawatirmu kepada Tuhan, maka Ia akan memelihara engkau!”.

Untuk itu, jika saat ini, anda sedang memiliki beban hidup, persoalan-persoalan yang sedang di hadapi, janganlah menanggung sendiri, jangan merasa mapu untuk bisa mengatasi sendiri, serahkanlah semuanya kedalam tangan pengasihan tuhan, yakin dan percayalah, tuhan mampu dan sanggup menolong kita, andalkanlah Dia melalui iman percaya.

Bapak ibu Sdra/i yang seiman dalam Kristus Yesus, dari semua yang telah saya khotbahkan melalui FirmanNya di Yesaya 50:4-9a, kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa tuhan Yesus selama dia datang kedunia untuk  menjalankan misinya melalui rencana tuhan itu sendiri, dia telah melakukan semua firman tuhan, walaupun hidupnya sederhana bahkan menderita, namun juga kuat, tabah, taat, rela berkorban dan memiliki hubungan yang sangat akrab dengan Tuhan, jangan lupa baca dan Renungkan Firman Tuhan ini Tentang Yesus disalibkan dan mati membuktikan bahwa dia Anak Allah.

Apa hal yang istimewa tentang yesus itu sendiri yang harus kita ikuti dan jalankan:

  • Memiliki Lidah seorang murid: bahwa semua sabda yang keluar dari perkataanNya memberikan semangat baru pada setiap orang yang mendengar dan sabda yang keluar dari perkataanNya itu menjadi keselamatan manusia. 
  • Memiliki Pendengaran seperti seorang murid: bahwa kekuatan dalam pelayanan Tuhan Yesus adalah karena kesetiaanNya kepada BapaNya yang di sorga, Dia berbuat dan bertindak selalu mendengar tuntunan Tuhan.
  • Tuhan Yesus menjadi “Hamba Tuhan” yang menderita memikul semua penderitaan dosa manusia, Ia taat ketika harus di aniaya dan dipermalukan.

Bapak Ibu Sdra/i yang seiman, saat ini adalah saat-saat yang perlu kita ingat tentang yesus kristus, sebelum ia disalibkan mati dan dikuburkan, tuhan yesus dipermalukan di hina dan di ludahi dan dia dilempari dengan batu, itu adalah penyiksaan yang sangat mengerikan, tetapi satu yang perlu kita teladani dari pribadi yesus, dia selalu taat, dan selalu mengandalkan Tuhan dalam hidupnya.

Untuk itu bapak ibu, sesuai dengan firmannya, dan sesuai dengan tema “pertolongan tuhan nyata bagi orang benar, kita harus bisa memulai dari diri kita sendiri, supaya dapat mengendalikan lidah dan pendengaran kita, jangan sebaliknya, karena jika kita tidak dapat mengendalikan diri melalui lidah dan pendengaran kita maka akan timbul permusuhan atau perselisihan, amarah,sakit hati, dengki dan caci maki.

Taat kepada tuhan, kendalikan kuasai dan kontrol diri anda melalui lidah dan pendengaran, maka yakinlah kehidupan anda tuhan akan tolong walaupun banyak tekanan tekanan disekitar.

Tuhan Yesus memberkati kita semua…..

No comments:

Post a Comment