Tuhan Adalah Raja Penyelamat Dunia (1 Tawarikh 16: 31-36)

Pendahuluan

Renungan Firman Tuhan tentang Tuhan adalah Raja Penyelamat Dunia yang terdapat dalam Nats firman Tuhan 1 Tawarikh 16: 31-36, Renungan firman tuhan ini menjelaskan bagaimana sosok Raja Daud yang terus menerus memberikan Contoh yang dapat mengajari dan mempengaruhi generasi untuk menyadari bahwa Tuhan sang pencipta alam semesta berkuasa atas segala yang diciptakannya. Sebelum Daud menjadi Raja ke II Israel maka
Daud dikenal sebagai gembala kambing domba. Ia memiliki suara yang baik dan juga pandai memainkan music kecapi. Selain Parasnya yang ganteng ia pun orang yang gagah di masa mudanya, keluarga daud selalu mengajarinya untuk mengasihi Tuhan oleh karena itulah ia terpanggil untuk memimpin kerajaan Israel. Dalam masa kepemimpinannya di Israel, Daud membuat rancangan dengan menghimpun
Tuhan Adalah Raja Penyelamat Dunia
Tuhan Adalah Raja Penyelamat Dunia
para tua-tua Israel, terutama dalam membangun gedung-gedung tempat beribadah. Mengutamakan hak orang-orang Lewi, Bani harun dan juga para imam, ini merupakan tindakan yang utama yang dilakukan oleh Raja Daud, sebab rencana yang sedang diperbuat Daud adalah untuk memindahkan Tabut perjanjian ke Yerusalem tempat beribadah bangsa Israel. Dengan sukacita dan pertolongan Tuhan seluruh rekan teman sekerja Daud bersorak kepada Tuhan dengan membawa musik kecapi, ceracap, nafiri dan dengan tari-tarian. Itulah yang menyadarkan Raja Daud bahwa segala sesuatunya adalah milik Tuhan semata dan semuanya dia yang berkuasa, dan persis seperti thema diatas bahwa Tuhan adalah raja penyelamat Dunia (1 Tawarikh 16:31-36).

Berkumpul dengan orang –orang yang mengasihi Tuhan merupakan warisan leluhur kita yang hingga sampai saat ini berlanjut dikalangan orang Kristen. Kita melihat melalui Renungan firman Tuhan ini tentang Tuhan Yesus adalah Raja penyelamat dunia, ekspresi Daud adalah gambaran yang mengajak seluruh umat untuk membangun Mezbah Syukur kepadanya. Meninggikan nama Tuhan atas Pertolongan-Nya bagi orang –orang yang takut akan Tuhan menjadikan hal yang Utama.

Teks Firman Tuhan ini dengan Thema Tuhan adalah Raja penyelamat Dunia ( 1 Tawarikh 16: 31-36), menjadikan gaya Daud dalam menyikapi penyertaan Tuhan dalam pemindahan Tabut Perjanjian Allah kepada bangsa Israel. Menyelamatkan hak milik bangsa Israel dari tangan-tangan musuh bukan persoalan yang gampang. Segenap pemimpin orang-orang Lewi, para tua-tua turut mengambil bagian sebagai isi dari tabut yang diselamatkan daud adalah janji Allah bagi bangsa yang dipilihnya itu.

Penjelasan Nats Renungan Firman Tuhan dengan Thema Tuhan adalah Raja Penyelamat Dunia (1 Tawarikh 16: 31-36)

Ayat 31-33 penuturan yang daud ucapkan sebagai bentuk syukurnya kepada Tuhan, keberpihakan Tuhan atas pertolongannya bagi daud bukan hanya dirasakan oleh tingkatan manusia saja.Tetapi dalam ayat ini disampaikan bahwa langit dan bumi turut bersukacita dan bersorak-sorai bahkan mengakui Allah sebagai Raja atas bumi ini. Bahkan gemuruh laut dan pepohonan mengambil tempat untuk bersukacita atas kasih karunia Allah.
Tuhan Adalah Raja Penyelamat Dunia
Tuhan Adalah Raja Penyelamat Dunia

Allah adalah Kudus, pemelihara hidup. Barang siapa yang di beri kehidupan patut baginya untuk bersyukur kepada allah. Pembebasan dan penyelamatan serta karya-Nya bagi setiap insan menggugah kita untuk semakin menyadari bahwa Allah penuh kasih karunia. Allah adalah pemegang kendali dalam hidup ini. Melalui konteks ini, kita diajak dengan kesaksian Raja Daud bahwa seluruh makhluk ciptaan-Nya bersyukur atas karunia Tuhan.

Ayat 34, bersyukur kepada Tuhan Adalah mengakuinya dalam segala hal tidak mengingat tempat dan waktu. Bersyukur kepada Allah adalah menyampaikan rasa terimakasih kita kepada-Nya dengan pujian kidung nyanyian, ibadah dan sebagainya. Dengan bersyukur kita menyadari bahwa Allah mengasihi kita dan kasih Tuhan adalah Kekal.

Ayat 35-36, ayat ini merupakan gambaran kerendahan hati dalam syukur yang dipanjatkan Daud. Baginya dia tidak lebih dari pada yang lain memohon belas kasihan untuk menyelamatkan mereka dari musuh, keadaan itu membuat seolah-olah mereka tidak berdaya. Daud merendahkan dirinya kepada Tuhan dan memohon keadilan serta keselamatan agar musuh-musuh terluputkan dari mereka yang memohon kepada Allah, menunjukkan bahwa kita adalah orang yang lemah, perlu pertolongan, membutuhkan pembelaan, keajaiban dengan begitu Nama Allah dipermuliakan dan mengakui bahwa Allah layak di puji untuk selama-lamanya.

Aplikasi Perenungan Firman Tuhan dengan Thema Tuhan adalah Raja Penyelamat Dunia (1 Tawarikh 16: 31-36) ini dalam kehidupan kita saat ini


1. Mengajak/mengajari semua orang untuk selalu bersyukur kepada Allah.
2. Berbuat dan berkorban adalah ciri khas orang-orang tebusan Kristus Yesus.
3. Mengutamakan kepentingan kebutuhan rohani dibanding kebutuhan jasmani Ibrani 4:12 “sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sum-sum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. Bagaikan pedang yang bermata dua.
4. Allah membela umat yang menaruh pengharapan kepadanya
5. Pengorbanan-Nya senantiasa selalu di respon melalui kehidupan sehari-hari.

Penjelasan-penjelasan yang telah saya sampaikan diatas, merupakan ini kesadaran diri kita saat ini, bahwa tanpa Tuhan bersama kita maka kita tidak bisa apa-apa, untuk itu jangan ada yang beranggapan bahwa hidup kita saat ini itu karena kekuatan kita, tetapi yakinlah bahwa sebenarnya kehidupan kita hanyalah kasih karunia dari tuhan saja seperti yang telah dilakukan Raja Daud pada saat dia menjadi raja. Dan segala sesuatunya dalam segala pergumulan kita, Tuhan sanggup mengubahnya menjadi sukacita asalkan kita merendahkan diri dihadapan-Nya dan berpasrah pada-Nya sesuai dengan thema diatas yaitu Tuhan adalah Raja penyelamat Dunia.

Telah saya siapkan renungan firman Tuhan lainnya, diantaranya:
1. Tuhan adalah Penolong yang setia
2. Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam Kasih
3. Kekayaan orang Beriman
4. Dibenarkan karena Iman

Demikian Renungan firman tuhan dengan thema Tuhan adalah raja penyelamat dunia (1 tawarikh 16: 31-36), mudah-mudahan dapat menyadarkan kita pada saat ini, bahwa Tuhan berkuasa atas kita, baik sebelumnya, sekarang dan selama-lamanya, Amin.

Tuhan Yesus Memberkati

No comments:

Post a Comment